Selamat Datang di portal Mat Belatong

Friday, July 27, 2007

PAK AWENG TUKANG JAM

Oleh A. Halim R.

MAT BELATONG jerak udah membetulkan jam tangan sembarangan. Soalnya, sudah pengalaman waktu memperbaiki jam tangan merek Titoni-Cosmo King warisan dari ayahnya. Rusaknya sedikit, dibetulkan jadi “porak-peranda“! Cuma sempat jalan 3 hari, habis itu tombol pemutar jarumnyapun bisa lepas! Tukang jamnya mungkin termasuk kelas: tikos membetolkan labuk!
Terakhir ini jam tangan yang biasa dipakainya sering ngadat. Hidup 2-3 menit mati lagi. Digoyang-goyang, seperti ada barang lepas di dalamnya. Gimane akal, pikir Mat Belatong. Dibetolkan sembarangan, tadaklah. Keledai jak tak maok masok lobang duak kali. Dan jam yang satu ini ade gak mereknye: Maurice Lacroix!
Akhirnya, waktu bertemu dengan kawan kentalnya Asai, Mat Belatong bertanya. Sebab Mat Belatong tahu, Asai ini kecuali terbilang boss besar, juga termasuk “kaki pasar“. Seluk beluk pasar, yang orang tak tahu, dia tahu!
Dan Asai yang tak suka menunda waktu itu, malam itu juga menunjuki Mat Belatong tempat ia biasa membetulkan jam. Tempatnya di dereten ruko sederhana, bukan di jalan besar. Ruko tersebut sudah tutup, soalnya sudah jam 22.00 WIB.
“Pokoknye Bang Mat bawak jak jam tu ke sinik! Besok kalau sempat saye kasik tahu die, ade kawan maok membetolkan jam ke sinik,” ucap Asai. “Tapi Bang Mat jangan tekejot, orang yang membetolkan jam tu aneh. Orang tue, namenye Pak Aweng. Die kerje tu macam iseng jak, bukan benar-benar macam encarik duet! Kerjenye pon cume dari pagi sampai jam 12.00, abes itu tutop. Pernah saye membetolkan jam, dan tak perlu tunggu lamak-lamak. Begitu jam dikasik, langsong dibukaknye. Diutak-atek sikit, diganti beterai, dah betol. Sekali saye tanyak berape bayarnye, die bilang: duak puloh ribu jak. Saye tekejot gak, ngape murah benar. Padahal jam tu jam bagos, saye beli di Singepor! Tapi ape jawab Pak Aweng: Eh, aku kan cume ganti baterai. Kau bayar harge baterai jak! “ cerita Asai.
Dua hari kemudian, sekitar jam 09.00 WIB, Mat Belatong datang untuk mencari Pak Aweng tukang jam itu. Bingung juga, sebab di tempat yang ditunjuki Asai itu yang terlihat adalah tukang jual bubur! Tatkala ditanya kepada amoy penjual bubur itu, ternyata memang benar ada tukang jam di situ. Rupanya Pak Aweng “betapok“ di dalam, di salah satu sudut warung bubur itu.
Mat Belatong masuk, memberi salam kepada Pak Aweng, dan bersalaman sambil memperkenalkan diri,” Name saye Mat Belatong, kawan Asai.“
“Oo, ye Asai memang udah kasik tahu. Tadik pagi pon die ade ke sinik, tanyak apekah Pak Mat udah datang,“ jawab Pak Aweng sambil ketawa.
Mat Belatong melihat, postur tubuh lekaki tua itu normal, tidak gemuk, tidak kurus. Terbilang langsing. Dan yang mengesankan, air mukanya: bersih!
Kemudian Mat Belatong menyerahkam jamnya sambil berkata,“Jam saye ni suke mati, tampaknye ade barang yang lepas di dalamnye.”
Tatkala Mat Belatong menyerahkan jam tangannya kepada lelaki itu, tanpa lagi tengok merek jam, langsung saja ia membuka jam tersebut. Beberapa perkakas halus diangkat dari jam itu. Kemudian tampak Pak Aweng berpikir sejenak. Lalu kemudian ia berkata,”Jam ini istimewa o, tak bise diangkat sikit-sikit. Maok diangkat semue!”
“Kalau Pak Mat tunggu, bise lamak o. Baeknye tinggalkan jak dolok,“ lanjutnya.
“Saye piker begitu lebeh baek. Biar Pak Aweng bise kerje lebeh tenang. Kire-kire berape hari saye boleh ke sinik agik,” jawab Mat Belatong.
“Oo, besok pagi Pak Mat boleh datang!“ jawab lelaki itu.
Keesokan harinya Mat Belatong datang. Pak Aweng tampak santai menghadapi meja jamnya, tapi tidak memegang jam melainkan baca koran!
Setelah bersalam Mat Belatong duduk dekat meja Pak Aweng. Lelaki berwajah bersih itu lalu menyerahkan jam Mat Belatong yang telah dibetulkan.
“Jam ini belinye di luar negeri ye Pak Mat?“ ucap Pak Aweng.
“Aa, soal beli, saye tak tahu Pak Weng. Saye tak pernah beli jam, tapi kenak kasik!” jawab Mat Belatong ketawa. Setelah melihat jamnya sudah oke, Mat Belatong lalu mengenakan jam tersebut ke pergelangan tangannya. Kemudian Mat Belatong bertanya,”Berape ongkosnye Pak Aweng?“
Tukang jam itu berkata,”Sepuloh ribu jak!“ Kemudian ia melanjutkan,“Kalau Pak Mat betolkan di toko-toko besak, bise kenak 60 – 70 ribu o!“
Sambil ketawa Mat Belatong menjawab,“Tentang Pak Aweng, Asai udah cerite dengan saye.”
“Oo, ye, tadik pagi Asai ade datang lagik ke sinik. Die tanyak, Pak Mat udah datang belom? Saye jawab udah!“ ucap Pak Aweng.
Kemudian Mat Belatong menyerahkan lagi dua jam tangan rusak kepada tukang jam itu, masing-masing bermerek: Sandoz dan Mido. “Duak jam ini udah lamak saketnye, tapi saye biarkan jak, sebab tak tahu tempat membetolkan jam yang baek,” ucap Mat Belatong. Pak Aweng langsung membuka bagian belakang jam Sandoz punya bini Mat Belatong itu. Kemudian ia mengganti baterainya. Celakanya, payah mau melihat jam itu hidup atau mati, sebab memang tak punya jarum sekon.
“Baterai jam ini udah lamak sekali o tak dikeluarkan, jadi udah meleleh dan kenak ke bagian laennye. Tapi saye cobe doloklah betolkan. Tinggalkan jak di sinik, besok Pak Mat datang agik,” kata Pak Aweng. Kedua jam itu ditinggalkan Mat Belatong.
Sambil pulang Mat Belatong melihat jam Maurice Lacroix-nya, dan berpikir: kalau di toko-toko jam, bise-bise bukan cume kenak 60 – 70 ribu aku, bise-bise kenak gerek 200-an ribu!
Keesokan harinya Mat Belatong datang lagi ke tempat tukang jam itu. Ternyata jam Sandoz memang tak bisa dibetulkan. Perkakas dalamnya sudah pada lengket dan berkarat. Sedangkan jam Mido, sudah betul. Dan karena talinya sudah rusak, Mat Belatong minta digantikan sekalian.
“Berape ongkosnye Pak Weng?” tanya Mat Belatong.
“Yang tak bise betol itu tak osah pakai ongkos, yang ganti tali itu jak. Talinye 8 ribu, jadi Pak Mat kasik saye 18 ribu jak!” jawab Pak Aweng.
Mat Belatong menyodorkan duit lembaran 20 ribuan kepada tukang jam itu sambil berkata,”Lebehnye tak osah Pak Aweng balekkan!”
Lelaki itu menjawab,“Mane pulak boleh begitu. Ini pon saye dah untong. Saye ade duet kecik!” Dan ia memberi 2 lembar uang ribuan kepada Mat Belatong.
“Inilah die yang diceritekan Asai!” ucap Mat Belatong. Keduanya sama-sama ketawa.
Setelah itu Mat Belatong mengeluarkan dari saku celananya jam Titoni – Cosmo King yang sudah “porak-peranda“ itu. Tali logamnya pun sudah putus-putus.
Pak Aweng coba memutar tombol jam itu, ternyata sudah los, dan bisa dicabut!
Ia coba membuka bagian belakang jam tersebut, dan tampaknya sukar sekali. Apalagi sudah terlihat cacat di tempat itu, bekas pernah dibuka orang lain.
Terhadap jam yang satu ini, Mat Belatong memang sudah pasrah. Bisa betul alhamdulillah, tak bisa betul Allahu akbar!
Karena sukar membuka bagian belakang jam itu, Pak Aweng akhirnya berkata,“Tinggalkan jak jam ini di sinik. Biar saye cobe dolok. Bile-bile Pak Mat boleh datang, tapi kasik saye waktu beberape hari.”
“Begitu lebeh baek,” ucap Mat Belatong.
Sekitar lima hari kemudian Mat Belatong kembali. Tukang jam itu berkata bahwa ia telah mencari onderdil jam itu yang rusak ke beberapa tempat, tapi tidak ketemu. Dan akhirnya ia coba “meng-akali-nya“ dengan apa yang ada. Dan ternyata jam itu bisa jalan. “Tapi otomatis-nye udah tak jalan Pak Mat, jadi Pak Mat pakai putar jaklah!” ucap Pak Aweng. Kemudian Mat Belatong minta agar tali logam yang sudah putus-putus itu diganti dengan tali kulit saja.
Pak Aweng mengeluarkan tali kulit yang memang tersedia di tempatnya. “Ini Pak Mat, kalau ade tande ini, berarti kulet benar,” ucapnya sambil memutuskan tanda yang ada di tali jam itu.
Ketika Mat Belatong bertanya berapa ongkosnya, apa jawab lelaki tua itu?
“Pak Mat kasik buat bayar tali jak, 8 ribu!” jawabnya.
Mat Belatong terkesima. Dan ia tahu kalau di toko-toko jam, tali kulit sintetis saja sudah 40 – 50 ribu!
“Mane pulak bise begituk Pak Weng. Pak Weng kan udah leteh-leteh encarik onderdilnye, udah buang waktu dan tenage agik. Tak kan pulak lalu tak bayar?” ucap Mat Belatong. “Tadak, aku tak beli onderdil bah. Aku tak rugilah!” jawabnya.
Kemudian Mat Belatong setengah tak sampai hati, menyerahkan lembaran 10 ribuan, sambil berkata,”Lebehnye tak osah Pak Weng balekkan!“
“Mane pulak boleh begitu!” ucap Pak Aweng, sambil menyerahkan 2 lembar duit seribuan kepada Mat Belatong.
Pulang ke rumah, Mat Belatong termenung dan berpikir. Ternyata dunia masih memiliki manusia seperti Pak Aweng ini!
Mat Belatong berpikir, memang tak ada manfaatnya Pak Aweng mengambil kelebihan uang yang cuma dua ribu itu. Sebab kalau mau, ia bisa memperoleh puluhan ribu, bahkan ratusan ribu. Tinggal sebut saja. Namun laki-laki itu seperti telah menyukat diri, berapa yang perlu ia terima dari apa yang dikerjakannya. Cukup sekian, lebih tidak! Ia jauh dari sifat serakah dan tamak! Dan tentu jauh pula dari sifat pembohong, penipu dan pencuri!
Kerjanya tak lain: berbuat baik, menolong orang, terus-menerus bersedekah kepada orang lewat pekerjaannya. Diperalat oleh toko-toko jam pun dia mau untuk membetulkan jam rusak. Dia hanya meminta sekian, sementara orang toko menerima 5 – 6 kali lipat. Dia tahu, tapi dia ikhlas! ***
( Pontianak, 2 Juli 2005)

No comments: