Selamat Datang di portal Mat Belatong

Friday, July 27, 2007

MUSANG MATI DIPATUK AYAM

Oleh A. Halim R

SUATU hari Mat Belatong ditanya rekannya: Untuk flash back – kilas balik – tahun 2005 ini, cerita apa yang paling menonjol?
Tanpa berpikir panjang Mat Belatong langsung menjawab,”Musang mati dipetok ayam!“
“Eh, benar sikitlah Bang Mat, ana ni betanyak benar, bukan begurau. Mungkin sepanjang sejarah pers di dunie belom pernah ade wartawan yang menemukan kasus macam itu. Pon setahu ana belom pernah ade suratkabar yang melansir berite macam itu!“ jawab sang rekan.
“Aa, itulah kitak. Kalau negeri ini pernah dihebohkan oleh cerite Ikan Gabos Telok Pak Kedai, Kucing Beranak Tupai, Waria Bunting di Putussibau, Pokok Kayu Bise Ngasik Sinjie, Wak Latuk Nangkap Jin, dan selonggok kabar aneh laennye, ngape pulak kitak tak tahu dengan cerite Musang Mati Dipetok Ayam?“ ucap Mat Belatong.
“Macam mane pulak ceritenye tu Bang Mat. Kalau kesah Musang Bejanggot, pernah pulak ana bace dalam cerite Abu Nawas,” jawab sang rekan.
“Aa, kalau awak dah bace kesah Musang Bejanggot yang nak ngincar bini Abu Nawas tu, cerite Musang Mati Dipetok Ayam pon hamper-hamper same gak! Rupenye cerite musang ni, dah ade sejak zaman Khalifah Harun Al-Rasyid di Baghdad, sampailah ke zaman kite ni. Hanye sajak, model musangnye macam-macam. Figur musangnye, die cobe kamuflase dengan berbagai ragam atribut yang dipakainye. Ade yang bejanggot, ade yang bejubah, ade yang bedasi, ade yang bersafari, ade yang besongkok, ade pulak yang makai baju koko!” ucap Mat Belatong.
Sang rekan ngelakak tertawa, kemudian berkata,“Aa, teros Bang Mat, tampaknye cerite Bang Mat ni menarek. Dan ana dah mulai nyambong rasenye. Itu kan musang yang makan daging illegal?!“
Mat Belatong sembari mengunyah lepat lau, berucap,”Alah, yang namenye musang tu dah pastilah makan daging ilegal, daging haram! Memangnye binatang musang tu pernah miare ayam sorang? Kecuali musang piaraan ana di rumah, yang ana piare dari bayi. Semue makanannye halal, baek susu vitalac, daging, ikan ataupon pisang nipah!”
Setelah menghirup kopi Mat Belatong berkata,”Dan karene kitak pon dah tahu dengan cerite ini, ana rase tak perlulah agik ana cerite panjang lebar!“
“Mane pulak boleh begitu Bang Mat! Bang Mat udah buat judul yang orisinal: Musang Mati Dipetok Ayam. Kesah mesti dilanjotkan Bang Mat, kalau tadak kempunan ana ni!“ jawab sang rekan. “Kempunannye tak seberape, tapi ngesaknye tu yang tak abes-abes!“ lanjut sang rekan.
“Ah, awak ni pandai jak mancing-mancing aku. Kalau kesahnye sangsot macam mane!?” jawab Mat Belatong.
“Udahlah Bang Mat, yang namenye kesah musang, dari zaman dolok sampai kini, pasti kesah sangsot. Justru tegal sangsotnye tu, jadi kesah! Dan cerite Bang Mat ni bakal memperkaye khazanah kesah musang di dunie!“ bujuk sang rekan.
Akhirnya, setelah menelan tukuk terakher lepat lau di tangannya, dan disulor dengan aek kopi, Mat Belatong pun bukak cerite:
Sahdan, di sebuah negeri antah lebih banyak daripade berasnye, berkuasalah seekor musang. Sang musang bertahta di atas pahar kebesarannya yang bertatahkan tahayul dan kemunafikan. Di sekelilingnya duduk delapan bomoh (dukun – pen) yang menempati delapan penjuru mata angin!
Tiada berlaku di negeri itu: adat bersendikan syarak, syarak berpayung Kitabullah. Dan tiada berlaku di negeri itu, keputusan diambil dari butir-butir kebijaksanaan, musyawarah dan mufakat, melainkan dari “wangsit”, petunjuk dukun yang konon berasal dari bisikan gaib!
Begitu berkelindannya sang musang dengan bomoh, jin, dan tahayul, sehingga ilmu yang diamalkannya benar-benar “jadi”. Sehingga “nyawa”-nya sendiri bisa ia simpan di sebuah cembul (kotak kecil – pen).
Dengan menaruh nyawa di cembul wasiat yang diberikan “jin Funky” yang rambutnya mirip model rambut Indian Comanche dalam cerita Karl May itu, keamanan jiwanya tak akan terusik. Hidupnya akan menongkat langit, tiada bahaya kematian mengancam dirinya, selama cembul itu tersimpan di tempat yang aman.
Lebih daripada itu, ke dalam cembul itu pula ia menyimpan alat vitalnya, yang sangat ia sayangi dan banggakan.
Si musang penguasa ini seperti juga halnya dengan raja-raja di India masa lampau, suka berburu. Kalau raja-raja zaman dahulu berburu naik gajah, yang diburu binatang buas seperti harimau, macan dan lain-lain, si musang spesialisasinya: berburu ayam!
Kalau berburu, dia naik kereta besi mulus mengkilap!
Orang ribut karena sudah banyak yang mati karena flu burung, sang musang bagaikan tak terusik. Jangankan terhadap virus avian influensa dan anthrax, dengan malaikat Izrail pun ia tak takut!
Kalau sudah bertemu ayam rupawan, baik ayam kampung, ayam bangkok, ayam ras, ayam arab, ayam jepang, ayam cina, ayam belanda, semua ingin dirasanya. Kalaupon dah ketadak-tadakan, burong puyuh pon jadilah disempal-sempalkan!
Sampailah pada suatu hari, si musang bertemu dengan seekor ayam yang berpenampilan bagaikan Chinese monal pheasant (Lophophorus lhuysii) yaitu sejenis merak! Di belantika unggas, ayam yang satu ini memang terbilang cantik, tapi liar dan ganas. Kehidupannya memang di belantara.
Si musang bukan lagi telior-lior, bahkan liornye sampai netes dengan lidah tejolor-jolor. Si ayam, karena masih temasuk bangsa unggas juga, pandai pula meniru tingkah burung dara: jinak-jinak merpati!
Si musang sambil terliur-liur melantunkan lagu dangdut: Lebih baik kau bunuh aku dengan pedangmu, daripada kau bunuh aku dengan cintamu!
Pandai dia merayu, nak mintak bunoh segale macam, padahal UUD gak! Ujong-ujongnye daging!
Dan yang ditemukan musang kali ini, memang bukan sebarang ayam. Selain jam terbangnya sudah tinggi, pun sudah berpengalaman malang-melintang di dunia kang ow: dunia persilatan!
Jadi seluruh sepak terjangnya, sudah penuh perhitungan, penuh taktik dan perencanaan matang! Lebih daripada itu, ayam yang satu ini pun punya ilmu, tak kalah dari ilmu musang!
Dalam perburuan ayam kali ini, si musang memang babak-belur juga. Ayam yang satu ini tak mau mendekat kalau cuma diberi makan beras. Ia tak mau makan padi atau jagung, tapi butir-butiran permata, emas dan bekebat-kebat duit!
Dalam perburuan yang semakin intens, akhirnya dapat juga si musang menikmati daging ayam itu. Namun ayam tersebut pandai akal, tak maok dibunoh mentah-mentah macam ayam laen. Pon, die memang punye ilmu sengkelet!
Setiap kali si musang ingin menerkamnya, diberinya sekerat daging dari tubuhnya. Begitulah berlangsung sejumlah kali, sekian lama. Namun bagian tubuh yang dikerat itu dagingnya bisa tumbuh kembali! Kabarnya si ayam memperoleh ilmu ini dari seekor cecak! Sebab ayam tersebut melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana cecak mengelabui kucing. Ekornya diputuskannya, dibiarkan melentet-lentet, untuk menarik perhatian kucing. Sementara sang cecak dah bedebu lari.
Ekor yang diberikan kepada kucing, tak ada masalah, bisa tumbuh lagi!
Karena tingkah ayam yang demikian ini, si musang sampai menyanyikan lagu dangdut lagi: Sungguh mati aku jadi penasaran, sampai mati akan terus kuperjuangkan!
Karena kenyamanan, akhirnya si musang sampai kepada stadium ketergantungan terhadap daging ayam tersebut. Macam pemadat narkoba!
Namun demikian ia pun menyadari – setelah koceknye tebebas dan tebengkas – bahwa ia harus lepas dari ketergantungan itu. Sebab untuk umpan ayam itu, ongkosnya mahal amat!
Biar gak tegegar-gegar ia coba menahan rasa ketagihan itu. Tapi tentu saja sang ayam tak ingin dicampakkan begitu saja. Tak ingin ia melepaskan musang tersebut, sebab di matanya musang itu tak lebih dari: keponjen duit!
Sampailah pada suatu bulan Ramadan, si musang tegegar-gegar ketagihan. Celakanya lagi bak orang ngidam, ia ingin berbuka puasa dengan daging ayam! Buah kurma tak ditoleh sama sekali! Ditambah pula dengan sang ayam yang “ngoling” teros, ngirem sinyal: daging dah siap saji!
Namun dalam perjamuan daging kali ini, sang ayam merengek-rengek manja, minta agar cembul wasiat milik musang itu, diserahkan kepadanya. Biar ia saja yang menyimpannya. Selain lebih aman, agar ia tak pernah lagi merasa jauh dari musangnya.
Sang musang tak banyak cakap, dengan mate tekejam-kejam, cembul itu pun dilepaskannya dari pinggangnya yang selama ini dijadikan kendit bersama setepek azimat lainnya! Musang itu menurut saja tatkala cembul nyawanya diminta ayam.
Sejak itu, sebagai upah durhakanya kepada Allah, ia takluk di bawah ceker ayam!
Ia ingin lari – karena tak mampu lagi menghadiahkan butiran permata, emas dan berkebat-kebat duit kepada sang ayam – namun ayam tak ingin melepaskannya. Hubungan mereka menjadi tegang, kemesraan menjadi bara api. Ucapan “cinta” menjadi dendam!
Dan kini, dengan modal cembul wasiat di tangannya, sang ayam bisa berbuat sekehendaknya terhadap si musang.
Sebuah tragedi dan ironi pun terjadi: ayam mematuk dan nyesah musang itu sampai mati! Sampai tak bermuka lagi musang itu!
“Demikianlah kesah musang mati dipetok ayam. Ana kesahkan cerite ini bukan untok ape-ape, tapi untok diambek pelajaran darinye. Sebab dari sebuah fabel – cerita binatang – seperti kesah ‘Kalilah wa Dimnah’, pon orang dapat mengambek pelajaran!” ucap Mat Belatong mengakhiri ceritanya. ***
( Pontianak, 30 November 2005)

No comments: