Selamat Datang di portal Mat Belatong

Friday, July 27, 2007

MAT BELATONG DAN “DOKTER SYARAF“

Oleh A. Halim R

BAHWA Mat Belatong syarafnya agak korslet, tak banyak orang yang tahu. Oleh sebab itu dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini, setiap tiga bulan sekali ia berkonsultasi kepada dokter ahli syaraf beken Pontianak: dokter Ibnu Suhartono.
Payahnya, dokter ahli syaraf yang satu ini setiap hari belonggok pasiennya. Sehingga kalau mau berobat, mesti booking dulu seminggu atau sepuluh hari sebelumnya. Namun Mat Belatong – namanya juga pasien tetap – beroleh keistimewaan: boleh datang kapan saja. Tapi dapat nomor pasien paling buntut, sebelum dokter itu “diserbu” oleh belasan sales obat!
Suatu malam, setelah dipersilahkan masuk oleh amoy resepsionis, Mat Belatong nongol di pintu masuk ruang praktik dokter tersebut sembari memberi salam kepada dokter yang sudah dua kali naik haji itu. Sang dokter membalas salam, dan mohon maaf karena masih bicara lewat handphone-nya. Berbagai pertanyaan dan instruksi diberikannya lewat HP.
“Ini pasti beliau tengah berhubungan dengan perawat jaga di salah satu rumah sakit. Tentu ada pasien gawat!“ pikir Mat Blatong.
Setelah selesai memberi instruksi, lalu dokter Ibnu mematikan HP-nya.
“Lama tak ke sini, saya pikir sudah jadi Bupati Kapuas Hulu!“ ucap dokter Ibnu sembari terkekeh. Dia tahu beberapa waktu lalu Mat Belatong sering pulang-pergi ke Putussibau, untuk ambil bagian dalam menyukseskan gawai akbar MTQ XXI Tingkat Provinsi Kalbar di Putussibau.
“Alah Bapak ni. Diangkat orang jadi bupati pon ana tak maok. Entah-entahlah kalau Pak Ibnu maok jadi Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, baruklah ana bepiker maok atau ndak jadi bupati di sanak!“ jawab Mat Belatong. “Ana kan tak bise jaoh dari Pak Ibnu!“ lanjut Mat Belatong. Dokter Ibnu kembali terkekeh.
“Saket Pak jadi bupati, apelagik sekarang ni pemilehan langsong. Yang menang jak saket, apelagik yang kalah! Dan ana tahu, jadi bupati tu bukan dapat nyamannye jak tapi dapat saket gak. Apelagik kalau jadi bupati yang merakyat. Begitu celek mate, dah ade tamu, tak habes-habes sampai malam butak! Belom agik kalau turon ke daerah. Tengah malam, jam 02.00, jam 03.00, rakyatnye nyaman tidok bekoroh, bupati maseh tebanting-banting, lintang-pukang di tengah jalan naek mobel! Kalau jadi bupati, apelagik di daerah pedalaman, perlu pulak keterampilan khusus: bise tidok dudok di mobel walaupon tebanting-banting di jalan rosak. Ana sendirik, kalau naek mobel malam butak, dah beratos kali nguap, tapi mane bise tidok kenak goncangan macam itu! Jangan Pak Ibnu, Bapak jangan nak jadi bupati. Saket! Jadi walikota pon begitu, kalau tak tahu ape yang harus diperbuat untok rakyat. Membuat dose jak!“ ucap Mat Belatong. Dokter Ibnu terkekeh-kekeh lagi.
“Disuroh jadi dokter ahli syaraf macam Pak Ibnu ini pon ana tak maok. Saket gak! Biar banyak duet! Ana tak mampu betemu dengan segale macam penyaket syaraf. Pagi-pagi dah bangon, bekelileng ke romah saket merikse pasien. Belom agik nguros pasien yang harus operasi, harus ditebok kepalaknye! Belom agik melayani pasien di tempat praktek macam ini. Belom agik tengah malam butak abes praktek harus ke rumah saket agik, ngurus pasien gawat. Belom agik harus nerimak belasan orang sales obat, padahal hari dah tengah malam! Ini sekarang dah hamper jam 11 malam, di luar tu belonggok belasan sales yang nak ketemu Bapak. Kalau macam ini mane ana mampu. Ndak jadi bupati, ndak jadi dokter syaraf pon, syaraf ana dah karot. Apelagik kalau jadi bupati, jadi dokter terkenal,” lanjut Mat Belatong.
Dokter Ibnu tinggal terkekeh-kekeh saja mendengar celoteh Mat Belatong. Dia maklum, “orang syaraf“ memang tidak normal. Banyak orang merasa dirinya normal, padahal “syaraf “, banyak orang “syaraf“ tapi masih bergaya normal. Contoh nyatanya: Mat Belatong!
Hanya saja stadium yang dialami oleh Mat Belatong ini: orang “syaraf“ yang tahu dirinya “syaraf“. Masih punya kesadaran! Tahu diri!
Setelah itu, dokter Ibnu bertanya,”Pak Mat sekarang keluhannya apa?“
“Biase Pak, maseh perlu Feprax untok bise tidok nyenyak! Kalau ndak, tidok sih tidok, tapi mimpi sambong-menyambong yang tak tentu pasal!“ jawab Mat Belatong. Dokter Ibnu terkekeh-kekeh lagi.
“Coba baring dulu!“ ucap dokter Ibnu.
Mat Belatong melepaskan jas biru tua-nya yang berharga sekitar Rp 25.000,-. Tinggal kaos oblong.
Perkara jas ini pun, bisa membuat orang lain risau melihatnya. Tapi dokter Ibnu tak asing lagi, sebab setiap datang konsultasi, tetap jas itu juga yang dipakainya. Kalau orang normal, berjas, berdasi untuk ke acara resmi. Tapi Mat Belatong tak peduli tempat. Ia berkaos oblong hitam, celana training hitam, sandal jepit, pakai jas! Merusak tatanan berbusana yang berlaku umum! Mungkin terkategori “aliran sesat“ di mata para ahli mode dan fashion! Kalau ke daerah-daerah, di rumah panjang ataupun di bagan nelayan, jas itu juga dipakai untuk tidur! Jas untuk segala cuaca! Bininya sampai malu melihat jas yang itu ke itu saja dipakai. Sampai bebueh mulot nyuroh Mat Belatong membeli jaket: tadak dipedulikannye. Malah bininye kenak leter berkepanjangan! Bini Mat Belatong memang buntat manusie, tahan idop berdampingan dengan “orang pening”, yang tiba-tiba bisa berubah jadi: tsunami!
Setelah di tempat baring, Mat Belatong disuruh angkat tangan, menggenggam tangan dokter, angkat kaki. Semuanya normal. Tensi darah terbilang normal: 150 per 90.
Tatkala dokter Ibnu memegang bahu dan tengkuknya, dokter berkata,”Ini masih tegang.”
Setelah duduk kembali, dokter Ibnu berkata sambil ketawa,”Pak Mat ini bekerja dan berpikir seperti orang yang masih muda, tetapi usia sudah tidak sesuai lagi. Dan jadi orang yang selalu diburu deadline! Sehingga waktu tidur, apa yang dipikirkan masih terbawa!“
“Betol Pak Dokter. Contoh orang tua yang tak sadar diri, sayalah itu. Sampai-sampai, saya pernah disindir secara halus oleh Imam Masjid Mujahiddin – Bapak Drs H.Thamrin Abdul Salam – yang mungkin risih melihat rambut saya agak gondrong. Sambil melirik rambut saya yang mencuat di balik kopiah ia berkata: Ente ni lawar, macam anak mude! Jumat berikutnya ia melihat lagi rambut saya belum berubah, dan sambil bersalaman ia berkata: Ente ini bekelahi ke ape dengan tukang gunting!? Jumat berikutnya lagi, rambut saya belum juga berubah, sehingga beliau menyindir lagi: Orang Islam kalau bekelahi, tak betegor, tak boleh lewat dari tige hari. Ente ni ana tengok, musoh teros dengan tukang gunting! Dan saya menjawab: Mintak ampon ana! Kalau Pak Thamren naek mimbar, kalau nak nunjok orang tue yang tak sadar dirik, tunjok jak ana! Pak Thamren ngelakak ketawak sambel bekate: Celake!“ cerita Mat Belatong. Dokter Ibnu terkekeh-kekeh.
Kemudian Mat Belatong berkata,”Daripade Pak Ibnu diserbu sales, bagos kite becerite jak!“ Lalu Mat Belatong meneruskan ceritanya,”Ade yang ana maok tanyakkan dengan Pak Ibnu. Mungkin gak termasok penyaket syaraf. Yaitu, ana ni tak pernah merase tue! Padahal cucuk dah duak! Dan kawan ana, umumnye orang mude, maklom para pekerja seni. Yang tue-tue udah balek dolok, bahkan yang lebeh mude daripade ana dah banyak yang meninggal! Alhamdulillah Pak Ibnu, kalau soal bejalan, kalau soal di lapangan, yang mude-mude belom tentu mampu melawan ana. Naek Buket Tekenang di Danau Sentarum ana maseh lancar. Kawan yang lebeh mude, baruk separo jalan jak dah posoh-posoh, balek turon!“
Sambil mendengar cakap Mat Belatong, dokter Ibnu terkekeh-kekeh terus. Apakah karena cerita Mat Belatong memang cukup lucu untuk membuat orang tertawa, atau: justru dokter Ibnu mentertawakan perangai yang tengah dipertontonkan oleh seorang pasien syaraf! Wallahu alam bissawab.
Dokter ahli syaraf itu kemudian berkata,”Alhamdulillah Pak Mat, itu semua karunia Allah. Berjiwa muda, bagus! Hanya saja kita perlu ingat, bahwa organ fisik kita termasuk jantung, syaraf, bisa berkurang kemampuannya karena faktor usia. Kalau kita lupa, dan menggunakannya di luar batas kemampuan yang dimilikinya, bisa berakibat jelek!“
“Iye Pak, makenye ana tak maok maen bal, sebab ade kawan ana yang gem waktu maen bal. Termasok ape yang dialami oleh bintang felam kite Bunyamin Suaeb!“ ucap Mat Belatong.
Sambil terkekeh dokter Ibnu berkata,“Bukan cuma main bola Pak Mat, tapi juga main dan kerja lainnya yang terbilang berat. Jangan forsirlah!“
Kemudian Mat Belatong berkata,”Ana piker memang tak perlu forsir, pon dalam becakap-cerite macam ini. Hari pon dah malam gak. Saye balek ke rumah, makan obat, bise langsong tidok! Pak Ibnu maseh harus berhadapan agik dengan belasan sales, pon dah balek ke rumah bise-bise ade perawat ngebel dari rumah saket! Memang saket gak jadi dokter!“
Sebelum beranjak meninggalkan dokter Ibnu, sambil bersalaman masih sempat-sempatnya Mat Belatong memberi nasihat,”Pak Ibnu pon jangan gak forsir amat, jangan sampai berobah status: dari dokter ahli syaraf menjadi dokter syaraf !“
Dokter Ibnu ngelakak ketawa, dan menjawab,”Insya Allah, terima kasih Pak Mat!“
“Assalamu ‘alaikum Wr Wb. Alaikum salam Wr Wb!“ keduanya berbalas salam. ***

( Pontianak 25 Agustus 2005 )

1 comment:

Unknown said...

1 kate buat pak mat belatong...
luar biase org tue ini...haha..