Selamat Datang di portal Mat Belatong

Friday, July 27, 2007

MAT BELATONG DAN SEMINAR MANDOR

Oleh A. Halim R

SUATU waktu di bulan Agustus 2005, Mat Belatong diajak oleh kawan-kawannya untuk ikut seminar. Tema seminar telah ditentukan: Mengungkap Sejarah Peristiwa Mandor 1942 – 1945 di Kalbar. Dan Mat Belatong, bukan cuma diminta datang sebagai undangan biasa – sebagai peserta – tetapi diminta untuk menjadi salah seorang pembicara alias menjadi penyampai materi!
“Eh, benar gak kitak ni,“ ucap Mat Belatong,“tak salah ke nunjok ana sebagai penyampai makalah?! Ana tengok dalam jadual seminar ni, paling ndak ade sekitar 10 orang pembicare. Semuenye dengan titel betepek, baek di belakang maokpon di depan namenye! Pon dengan jabatan yang tak tanggong-tanggong. Ade Sekda Kalbar Pak Henri Usman, ade Bang Kamaruzzaman Calon Sekda Kalbar, ade Bang Zulfadhli Ketue DPRD Kalbar, ade Wakel Ketue Komnas HAM Pusat Bang Dr Taheri Noor, ade Bang Dr Mardan Adijaya, ade gak Bang Djun Ks Bos EQUATOR dan laen-laen. Ndak kelirukah kitak narok Mat Belatong dudok di antare mereka. Ndak salahkah kitak, tak malukah kitak, narok si lingau di tengah-tengah orang arif bijaksana!?“
“Tadak Bang Mat, orang laen boleh bekate Bang Mat lingau, tapi kamek kan tahu dengan kapasitas dan kredibilitas Bang Mat,” jawab Nur Iskandar Ketua Panitia Seminar.
“Yang sangat ana takotkan,” ucap Mat Belation, eh Mat Belatong,“di tengah majelis yang tehormat dan penting itu, ana lalu tampel mempertontonkan kebodohan ana!“
“Tadak Bang Mat, udah kamek seleksi bah siape-siape yang pantas bicare dalam seminar ini,” jawab Nur Is – sapaan sehari-hari Nur Iskandar SP – meyakinkan dan memberi spirit kepada Mat Belatong.
“Aa, kalau begitu terserah kitak jak. Tapi jangan salahkan ana kalau terjadi ape-ape di majelis tehormat itu dengan kehadiran ana sebagai pembicara,” ucap Mat Belatong.
“Terimak kaseh banyak Bang Mat,” balas Nur Is dengan senyum di wajahnya yang baby face itu. Tak berlama-lama, Nur Is lalu cao meninggalkan Mat Belatong.
Dan tinggallah Mat Belatong dengan setumpuk beban di kepalanya untuk menghadapi seminar itu. Tapi bukan Mat Belatong namanya kalau menghindar dari tantangan. Sebab lelaki tua yang sudah berada di fase lingau, untuk berubah ke fase mamau alias melilu (pikun) itu berprinsip: terhadap sebuah beban, sebaiknya memang dielakkan. Tetapi pantang lari dari tanggung jawab kalau harus juga memikulnya!
Tegal Nur Is Cs-lah Mat Belatong kemudian tekacal-ganyah mengaduk-aduk dokumen dan map-map lama, untuk menyusun sebuah makalah.
Pendek cerita, tibalah hari yang membuat Mat Belatong bebar itu.
Seminar dibuka di lantai tiga Gedung Rektorat Untan (Universitas Tanjungpura) Pontianak, dihadiri sejumlah pemakalah terkemuka (kecuali: Mat Belatong). Pun dihadiri oleh sejumlah cerdik-cendekia, baik tua maupun muda.
Mat Belatong, agar tak sesat di jalan, membawa dua rekan kentalnya, Mat Ketumbi dan Zein Lupaklapek.
Setelah acara seminar dibuka oleh Nur Is selaku ketua panitia, lalu dimulailah sesi demi sesi yang menampilkan pembicara demi pembicara. Semuanya berjalan mulus dalam kadar ilmiah yang tinggi. Demikian juga tanggapan demi tanggapan yang diberikan oleh para peserta penuh dengan respek yang rasional dan intelektual.
Di sesi yang kedua, tampil Mat Belatong sebagai pembicara terakhir! Moderatornya pun tak tanggung-tanggung: Ir Gusti Hardiansyah,MQM – Sekretaris Relawan Bangsa Provinsi Kalbar.
Setelah membuka kata dengan berbasa-basi serta memberi salam sebagaimana mestinya, Mat Belatong pun memulai pembicaraannya.
“Jepang, sejak zaman Belanda telah menyebarkan intelijennya ke Kalbar, sehingga tatkala tentara Jepang masuk, mereka telah tahu dengan pasti di mana tempat mendarat, di mana tangsi militer Belanda. Bahkan mereka sudah tahu di mana lokasi bahan-bahan tambang dan tempat penebangan kayu yang mudah untuk dikeluarkan ke Sungai Kapuas. Oleh sebab itu, tatkala tentara Jepang masuk ke Kalbar diikuti pula oleh dua perusahaan. Yaitu perusahaan Nomura yang bekerja di pertambangan, baik pertambangan batu tungau bahan baku mesiu atau alat peledak, maupun tambang emas. Sedangkan sebuah perusahaan lagi yaitu Sumitomo bergerak di usaha penebangan kayu,” ucap Mat Belatong.
Baru saja Mat Belatong menarik napas untuk memulai kalimat berikutnya, sudah diinterupsi oleh Anwar Saleh SH. “Sabar Mat, setahu saye perusahaan Sumitomo tu sebuah perusahaan perkapalan, bukan perusahaan kayu!“ ucapnya.
“Iye betol Bang Nuar, kapal-kapal Sumitomo tu sejak zaman Jepang udah belaboh di Telok Aek, nunggu lanting kayu log dari ulu. Mereka juga mengkoordinir penebangan kayu di daerah pedalaman Kalbar, kemudian dihanyutkan ke hilir. Sampai di Suka Lanting, mereka tidak belok kanan menuju Pontianak, melainkan belok kiri menuju Telok Air Batu Ampar! Taon 1970-an kapal-kapal Sumitomo masok agik ke Telok Aek ngangkot kayu kite waktu log bebas diekspor ke luar negeri!“ jawab Mat Belatong.
“Betol Mat, betol!“ balas Anwar Saleh SH yang SMA ditamatkannya dalam waktu 5 tahun itu. Sedangkan gelar SH diperolehnya dari Untan hampir memakan waktu 20 tahun! Bayangkan menuntut ilmu selama itu. Cerdik-cendekia yang satu ini ilmunya memang tak tanggung-tanggung. Makenye Mat Belatong agak ngeper diinteruspsinye!
Belum sempat Mat Belatong meneruskan omongannya, sudah meletop lagi sebuah interupsi. Sekali ini datang dari Syarif Selamat Yusuf Alkadri, putra Ratu Perbu Wijaya. Tokoh yang biasa disapa Om Simon ini nyeletuk,“Tentere Jepang tu memang celake. Sampai-sampai Umi (maksudnya: Ibunda Ratu Perbu Wijaya) melarang anak-cucuknye nonton felam Oshin. Sebab itu felam Jepang! Saket benar ati beliau tu dengan Jepang!“
Selesai Om Simon ngomong, lalu Ami Syarif Ahmad Muhammad Alkadri mengacungkan telunjuk dan langsung bicara,“Ape yang awak cakapkan tu betol Mat! Salah seorang intelijen Jepang yang sudah masok ke Kalbar pada zaman Belande adalah Tuan Honda. Kerjenye jadi tukang Kodak, atau sekarang disebot tukang potret! Die bekelileng, moto sanak- moto sinek!“
Mat Belatong mengacungkan dua jempol kepada orang tua itu, sembari berkata,”Terimak kaseh Mi, memang salah seorang dari mereka itu adalah Tuan Honda. Sekok agik bename Tuan Takeda. Mungkin maseh ade sejumlah name laen, misalnya Tuan Suzuki, Tuan Yamaha, Tuan Kawasaki, Tuan Mitsubisi, Tuan Toyota, Tuan Daihatsu dan laen-laen!“
Mendengar kalimat terakhir Mat Belatong ini hadirin saling berpandangan, dengan tanda tanya di kepala masing-masing.
Zein Lupaklapek menggamit Mat Ketumbi sembari berkata,”Ayap, kawan kite ni mulai merayau!“
Lebih lanjut Mat Belatong meneruskan penyajian materinya,”Ape kate Om Simon tu tadik memang benar. Jepang tu memang celake. Die tak maok berenti menjajah kite. Jepang tak maok berenti membunoh rakyat kite! Kate kite, kite udah merdeka, padahal maseh dijajah Jepang. Jepang menjajah kite di bidang ekonomi, kite teros-meneros betoke dengan Jepang. Contohnye LNG kite yang di Bontang Kaltim tu kite jual ke toke Jepang. Sehingge, ekonomi kite ade di ujong samurai Jepang. Dan kite tepakse: ape kate toke jaklah! Belom agik, rakyat kite teros dibunohnye! Bukan dibantai di Mandor, tapi di jalan raya. Tuan Honda, Tuan Yamaha, Tuan Suzuki dan laen-laen bukan agik jadi tukang foto, bukan agik sebagai intelijen, tapi masok secare terang-terangan. Bahkan sengaje didatangkan! Dan celakenye, terutama remaja kite, belom puas kalau nenek-moyangnye banyak dibunoh Jepang. Dan sekarang malah mereka sendiri yang bersedia mati di tangan Tuan Honda, Tuan Suzuki, Tuan Yamaha dan laen-laen dengan care kebut-kebutan di jalan raya. Kadang-kadang matinye ngajak orang laen pulak, merudu orang tak tentu pasal!“
Mendengar “materi” yang disampaikan oleh Mat Belatong itu, hadirin kembali saling berpandangan dan bergumam.
Seorang peserta seminar, Yan Cucuknda mengacungkan tangan lalu interupsi,“Bang Mat, kite ni seminar ke ngomel!?“
“Cucuknda,“ jawab Mat Belatong,”antara seminar dan ngomel, banyak persamaannya! Duak-duaknye pakai mulot. Cume, ngomel tindakan spontan tak perlu membace makalah! Begitu pulak soal mandor, awak maok mandor yang mane. Mandor yang makam atau mandor tali kawat, kerje kendor makan kuat? Dan mungkin karena mandor yang terakhir inilah kita jadi bangsa yang merdeka tapi terjajah, tidak mandiri!“
Tanpa disangka-sangka Mat Ketumbi pun mengacungkan tangan pertanda mau bicara. Tanpa dipersilahkan, Mat Ketumbi langsung tancap,”Ana piker, seminar kite ni berkenaan dengan orang yang udah mati. Jangan kite terlalu banyak berharap. Jangankan nguros yang udah mati, yang maseh idop jak tak teruros! Sebab ana tengok, baek aparat maokpon pejabat kite sekarang ni, sibok nguros dirik masing-masing! Ana khawater, Kompleks Makam Juang Mandor yang ade sekarang, bise-bise satu saat kelak kenak tukarguling! Sebab banyak pejabat kite yang hobi tukarguling. Di tanah yang sebenarnye milek pemerintah, tahu-tahu dah bediri ruko!“
“Benar kate awak tu Ketuk!“ sambut peserta riuh.
Moderator Ir Gusti Hardiansyah MQM bagai tergemam berada di majelis seminar macam ini. Ia heran! Tak pernah ia bertemu dengan majelis seminar yang pada akhirnya berubah suasana menjadi warung kopi!
Sang moderator akhirnya berteriak di depan mikrofon,“Oi, kite ni seminar ke maen ketoprak humor!?“
Tanpa diduga, hadirin ngelakak ketawa dan berkata,”Duak-duaknye!“
Yan Cucuknda kemudian menimpal,”Seminar jadi begini, tak laen tegal Bang Mat Belatong!“
“Eh, benar sikit cakap awak tu Cucuknda! Kucucok lobang idong awak karang! Bagos awak ngasah gigi jak! Ana jadi begini tegal diinterupsi Bang Anwar Saleh, ditambah agik Ami Ahmad tu nyebot pulak name Tuan Honda! Akhernye ana jadi meracau! Tapi itupon bukan gak salah Bang Nuar Saleh dan Ami Ahmad. Ana ni kalau kenak interupsi mendadak apelagik berunton, jadi gagap-gugop! Kau Cucuknda, jangan nak nyalahkan aku! Sebaeknye kite jangan saling salah-menyalahkan. Sebab udah terlalu banyak hal yang bersalah-salahan di negeri ini. Kalau kite pon salah-menyalahkan, bise betengkar, bise betombok macam wakel rakyat di korsi tehormat. Lalu ilang cerite Jepang, timbol muke bengap-biru!“ jawab Mat Belatong. Hadirin tertawa. “Hidop Mat Belatong!“ pekik peserta.
Kemudian Mat Belatong berkata,”Daripade kacau, bagos ana berenti jak ngomong. Pon makalah yang ana suson udah ade di tangan hadirin semuenye. Sebagai akher kate ana nak menyampaikan sebuah panton buat hadirin semue , tapi lebeh utame buat Bang Anwar Saleh, yang dari tadik mintak para pemakalah bepanton. Ini die pantonnye: buah kuini ikan biles, dengan ini cerite pon abes!” ***
( Pontianak, 21 Agustus 2005 )

No comments: