Selamat Datang di portal Mat Belatong

Friday, July 27, 2007

MAT BELATONG NANGKAP JIN

Oleh A. Halim R

SUATU hari orang pambar. Yang dikalot-ribotkan orang, perihal: besok pagi Mat Belatong mau menangkap jin! Hal itu diketahui dari semacam pamflet, yang ditulis tangan pakai spidol di atas kertas manila. Tulisan tersebut tertempel di pos ronda malam, di pokok-pokok akasia (di bawah iklan: sedot WC), di dinding sejumlah warung kopi.
Pada kertas tersebut tertulis jelas: Saksikan beramai-ramai peristiwa spektakuler, Mat Belatong akan menangkap jin. Tanggal sekian, bulan sekian, jam 09.00 – selesai, tahun 2005, bertempat di lapangan bekas kebun aloevera (lidah buaya – pen) milik Wak Upek di Jalan Perintis Kemerdekaan, Paret Kalot Ribot!
Berbagai opini terjadi di masyarakat. Ada yang percaya, ada yang tadak, ada yang bingung, ada yang sinis. Ada pula yang berbisik-bisik,”Rupenye diam-diam Mat Belatong udah jadi paranormal!” Namun ada yang menyangkal dengan tegas,“Merampot jak, jadi abnormal kali, atau udah gile babi!”
Namun di tengah ke-pambar-an masyarakat itu, budak-budak Paret Kalot Ribot cepat tanggap, melihat peluang yang baik.
Mereka segera mengatur strategi, dan membagi personel untuk: jadi tukang parkir!
Sebab sudah dapat dipastikan orang akan ramai berdatangan. Sejumlah ibu-ibu juga telah bersiap-siap untuk membuka warung kagetan.
Di rumahnya, Mat Belatong tampak tenang-tenang saja. Duduk mencangkung di kursi tuanya yang sudah 12 tahun dipakai untuk lebaran. Ia tengah menikmati rokok merek Pilkada (rejeki 5 tahun sekali!) dan segelas kopi yang agik berasap. Seperti tak ada persiapan yang perlu dilakukan oleh seseorang yang akan melaksanakan gawai spektakuler!
Tiba-tiba nyelonong masuk ke rumahnya sambil memberi salam, Mat Ketumbi alias Ketuk, kawan lawas Mat Belatong dari kecik. Tanpa basa- basi ia duduk di depan tuan rumah sambil berteriak,”Oi orang rumah, tolong aek kopi segelas agik. Gulenye sikit jak, kopi boleh banyak!”
Melihat si Belatong tenang-tenang saja, Mat Ketumbi bertanya,”Eh Jon, benarke besok awak nak nangkap jin? Orang dah pambar tu!“
Mat Belatong menjawab selembe,”Eh, awak kire aku ni maen-maen ke? Awak tengok jak besok!“
“Tapi kutengok ente ni tenang-tenang jak,” jawab Mat Ketumbi,“ape tak ade yang perlu dipersiapkan?“
“Persiapan ape? Sebentar jak kukerjekan udah kelar!“ jawab Mat Belatong.
“Ape ente tak perlu hio, tak perlu botol aqua untok narok jin tu? Kalau memang diperlukan, bise pulak ana bantuk, temasok tikar puron untok alas dudok!” balas Mat Ketumbi.
“Ah, merampot jak! Jangan nak niru-niru kesah dongeng jaman Tok Adam, kesah Jin Botol! Memangnye nangkap jin tu macam nangkap nyamok jak?!“ jawab Mat Belatong.
Kemudian Mat Belatong menambahkan, “Udahlah Ketuk, awak tak perlu payah-payah. Pokoknye tenang jak. Kalau maok nolong, besok awak ator jak penonton. Semue penonton harus menempati pingger sebelah laot kebon Wak Upek. Di pingger kirik-kanannye pon tak boleh ade orang. Sebab jin tu datang dari sebelah darat! Kau ajaklah budak-budak untok ikot ngator!”
“Beres,” jawab Mat Ketumbi,”kalau perlu ana pon bise mintak tolong Johny Beres, kawan lamak kite tu. Sebab biasenye, senike kerje yang dipecayakkan ke die, pasti beres . Takot benar die tu dipanggel Johny Tak Beres!”
“Ide brillian,” puji Mat Belatong.
Sore hari sebelum maghrib, tak seorang pun tahu kalau Mat Belatong telah datang ke kebun Wak Upek. Ia mempersiapkan sesuatu yang diperlukan di semak-semak, di pinggir sebelah darat kebun Wak Upek itu.
Keesokan harinya, orang telah datang berduyun-duyun ke kebun Wak Upek. Kebun itu memang pernah ditanam dengan lidah buaya, tapi karena pemasarannya buntu, harga anjlok, petani tejelepok! Akhirnya untuk sementara, lahan itu dibiarkan nganggur.
Tukang parkir amatiran dapat curahan rejeki belonggok (kebanyakan duet kecik sih!), demikian juga pedagang kagetan.
Suasana di kebun Wak Upek itu, walaupun ramai dengan manusia, tapi tampak tertib sesuai dengan skenario. Mat Belatong sendiri berada di depan barisan manusia yang berlapis-lapis di pinggir sebelah laot kebun Wak Upek. Ia duduk mencangkung sambil kepas-kepus mengisap rokok. Tak ada mulut kumat-kamit membaca mantra, tak ada perabon yang bau kemenyan. Tak ada tangan tejolor sanak, tejolor sinek macam orang nak nangkap nyamok. Hanya saja, matanya menatap serius ke suatu arah di pinggir sebelah darat kebun tersebut.
Sudah lebih dari satu jam orang-orang menunggu, tapi Mat Belatong masih tampak begitu-begitu juga dari tadi. Tak ada tingkah seperti akan menangkap sesuatu apapun. Hanya rokoknya saja yang sambong buntot.
Penonton mulai tak sabar, dan ada yang berkata,”Bile agik kau nak mulai Mat?!“
Tapi syukur, sesuai dengan skenario, penonton tetap senyap. Tak ada yang berani banyak cakap, kenak jeling Johny Beres!
Tiba-tiba orang tekanjat, karena Mat Belatong memekik,”Kenak!!” Dan ia berlari melintasi kebun Wak Upek itu menuju ke pinggir sebelah darat. Tanpa dikomando lagi, pun tanpa bisa direm oleh Johny Beres, orang-orang berlari mengikuti Mat Belatong. Termasuklah Johny Beres dan Mat Ketumbi.
Apa yang terlihat di sana? Ternyata di semak-semak di pinggir kebun itu, jerat Mat Belatong telah mengena! Seekor makhluk bersayap tengah menggelepar karena sebelah kakinya terikat oleh tali jerat. Dengan cekatan Mat Belatong menangkap makhluk tersebut dengan kedua tangannya.
Setelah terlihat dengan jelas, orang-orang serentak berteriak,“Oo, itu sih burong keroak!” Dan kalimat itu masih sambung-menyambung dengan berbagai sumpah seranah: Mat Belatong gile, jahanam, pembual, pening, masok nerake!”
Di tengah caci-maki itu Mat Belatong melepaskan tali jerat, lalu membawa sang burung ke tengah kebun Wak Upek diikuti para penonton.
Di tengah kebun itu Mat Belatong berkata,”Tolong sudare-sudare, mundor siket, berek tempat pakai ana benapas. Tolong John, diator, buat lingkaran!“
Setelah penonton membuat lingkaran, walaupun berdesak-desakan, Mat Belatong lalu berucap,“Sudare-sudare, tolong tahan dolok sumpah seranah ente. Ana ni udah divaksinasi, jadi kebal terhadap sumpah seranah, caci maki! Bagi ana, caci maki, sumpah seranah, same jak dengan puji dan sanjong.“
Lebih lanjut ia berkata,”Ente semue bise lihat, makhlok ape di tangan ana ni?!” Serentak penonton berteriak,”Keroak, bangkai !!“
“Syukor ente semua dapat melihat. Sebab ana memang berkeinginan menangkap sesuatu yang kasat mate, bise dilihat. Bukan nangkap angen!“ ucap Mat Belatong.
“Ana bise jak belagak nangkap jin lalu dimasokkan ke dalam botol. Lalu ana bekate: yang dapat nengok jin di dalam botol ini temasok orang yang bemartabat tinggi bernasab mulie, panjang umor, orang pintar tembos pandang, punye indera keenam, punye mate ketige! Tapi sudare-sudare, yang model begituk same jak dengan kesah Abu Nawas ngakalek raje!“ lanjut Mat Belatong.
Kermudian Mat Belatong meneruskan omongannya,”Yang ana tangkap ini memang wujud nyatanye burong keroak. Tapi konon, ndakke makhluk yang namenye jin itu bise nyerupe anjing, ular, burong keroak, bahkan nyerupe manusie?“
Kemudian Mat Belatong bertanya,“Siape yang bise nengok jin di dalam wujud burong keroak ini?!“
Tak satupun penonton menjawab. Semuanya diam.
“Alhamdulillah, berarti saudara-saudara semua telah menggunakan mata dan akal dengan semestinya. Yang di tangan saya ini memang burung keroak,” lanjut Mat Belatong. “Tapi apa bedanya keroak dengan jin, apa bedanya si Aliong dengan Mat Ketumbi, apa bedanya habsyi dengan kulit putih, apa bedanya kulit merah dengan kulit kuning?“ ucap Mat Belatong.
“Adakah Wak Upek itu pernah minta jadi bugis, Mak Nyah itu pernah minta jadi cina? Adakah keroak ini pernah minta jadi keroak, dan belatong mintak jadi belatong? Ada sebuah riwayat, seekor anjing pernah berkata kepada Syaikh Abi Yazid Bistami: Wahai Syaikh Raja Kearifan, apakah dosaku dan apakah pahalamu pada awal kejadian dulu, sehingga aku berpakaian kulit anjing dan engkau menggunakan jubah kehormatan Raja Kaum Sufi?” ucap Mat Belatong lebih lanjut.
Kemudian ia berkata,”Pikerkanlah sudare-sudare!”
Mendengar cakap Mat Belatong itu, penonton jadi hening.
“Bijak cakap awak tu Mat,” sela Wak Upek yang rupanya nonton juga di tempat itu.
“Tadak gak Wak e, cume ana nak ngajak kite same bepiker, biar tak mudah ikot-ikotan melabor ke paret!” jawab Mat Belatong.
Kemudian tampak Mat Belatong menaikkan tangannya ke atas, dan burung keroak itu dilepaskannya. Tampak burung itu terbang melintasi kepala penonton, dan kembali ke semak-semak yang menjadi habitatnya.
“Tak ade hak bagi Mat Belatong untok menganiaya keroak itu, hanya meminjamnye sebentar untok acara kite ini. Dan dengan ini acara selesai!“ ucap Mat Belatong.
Penonton tampak bingung sebentar dan bergumam, tapi kemudian bubar dengan tertib sesuai skenario. Mat Belatong pun ngeloyor meninggalkan kebun Wak Upek itu.
Budak-budak tukang parkir berkerumun ngagak Mat Belatong. Mereka mengucapkan terima kasih, dan ada yang sampai hidungnya melepet mencium tangan Mat Belatong.
“Sering-sering jak Bang Mat, membuat acara macam ini,” ucap para pemuda Paret Kalot Ribot itu.
“Iye kate kau,” jawab Mat Belatong,”membuat acara macam ini resiko tinggi, tahu ndak!?“
“Kalau tadik tu acara tak bejalan sesuai dengan skenario, bise bekarong-karong peninju meletop ke muke aku ni!“ tambah Mat Belatong.
“Siape yang membuat skenario tu Bang Mat?“ tanya anak-anak itu.
“Aa, itu tak osah kau tanyak aku, tanyak jak Wak Upek tu, kali gak beliau tu maok ngasik tahu!” jawab Mat Belatong singkat. ***

( Pontianak, 18 Juni 2005 ).

No comments: