Selamat Datang di portal Mat Belatong

Saturday, September 22, 2007

Mat Belatong dan SMS Ramadan


Oleh A. Halim R

SEBUAH kegembiraan lain dirasakan Mat Belatong tatkala menyambut bulan Ramadan 1428 H. Di HP-nya betepek ucapan: Marhaban ya Ramadan dst. Di dunia maya – angkasa – bertaburan getaran elekronik yang dikirim oleh para tukang pantun, tukang syair dan pujangga dadakan. Pesan-pesan tersebut di antaranya ada yang tertuju ke telefon genggam milik Mat Belatong. Ia yang belum lama keluar dari “bawah tempurung” untuk memasuki “era ponsel” membenarkan ucapan Mat Ketumbi alias Ketuk sahabat kentalnya. “HP banyak gunenye Jon! Kalau ente sesat mudah orang ncarik, kalau ente kemane-mane ana gampang monitor,” ucap Ketuk.
Awal-awal ber-HP ia mendapat SMS dari Ketuk,”Posisi ente di mane Jon?” Mat Belatong menjawab,”Di depan tivi, mendengar berite gempa!” Ketuk ngesak, sebab “posisi” maksudnya: berada di mana, di pasar, di warung kopi si Ameng atau di rumah!
Untuk membalas kekesalan hatinya Ketuk SMS lagi,”Tivi ente merek ape, berape inci, antene model ape?!” Mendapat pertanyaan seperti itu, Mat Belatong “naik spaning”, langsung ngebel dan ngomong,”Celake ape awak betanyak soal tivi, soal antenna. Memangnye awak tak pernah masok ke romah aku, nengok tivi aku?! Butakke ape!?” Ketuk tekeruk-keruk ketawa di depan HP-nya. Mat Belatong makin ngesak dan mematikan HP-nya ketimbang membuang-buang pulsa.
Menyambut awal Ramadan, Mat Belatong iseng-iseng mengirim SMS kepada Ketuk. Isinya sama dengan SMS untuk dikirim atau untuk membalas SMS Ramadan yang masuk ke HP-nya: Marhaban ya Ramadan – bulan yang penuh berkah. Kami sekeluarga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga kita dilimpahi rahmat, rida, taufik, hidayah, maghfirah dan kesehatan ruhani-jasmani yang prima. Mohon maaf lahir-batin. Wass wr wb.
Kalimat SMS itu bukan orisinil buah pikirannya, melainkan di-edit dari salah satu SMS yang masuk ke HP-nya.
Ketuk langsung membalas: Maaf, Anda salah sambung. Nama saya bukan Marhaban atau Ramadan.
Mendapat jawaban seperti itu, Mat Belatong ngesak. “Ketuk celake nak mampos! Orang ngirem SMS bagos-bagos, dijawabnye macam celake! Nempah budak tu!” omel Mat Belatong.
Mendengar suaminya beleter, Laila istri Mat Belatong coba menyabarkannya. Ia merunut kembali pokok-pangkal persoalan. Akhirnya ia berkata,”Mungkin nomor itu bukan nomor Ketuk agik Bang. Mungkin gak Ketuk dah menjual HP sekalian kartunye dengan kawan-kawan si Ameng yang nonmuslim!”
“Ketuk tu memang celake. Kalau HP dah dijual, kasik tahulah aku, ndakke die tiap ari ke sinik!” ucap Mat Belatong masih ngangat.
Belum hilang cerita manas-nya, tiba-tiba Ketuk muncul di muka pintu, mengucap salam,”Assalamu alaikum!” Walaupun masih manas, Mat Belatong terpaksa menjawab salam tersebut: karena menjawab salam hukumnya wajib, memberi salam hukumnya sunat. “Ketuk celake, dah kau jualke ape HP burok kau tu!” sambungnya.
Ketuk ngelakak tertawa. “Kalau ade yang nak beli mahal, boleh ana jual. Barang antik tu Jon!” jawab Ketuk sambil tertawa.
“Kalau belom dijual, ngape pulak awak jawab SMS aku macam itu!?” sambar Mat Belatong. Ketuk kembali tekeruk-keruk ketawa. Sambil memegang perutnya menahan tawa, Ketuk berkata,”Ente ni yang beragam, ngirem SMS macam itu ke ana! Ndakke kite ni tiap ari betemu. Ucapkan sekarang kalimat itu ke ana, tak osah pakai SMS.”
Mat Belatong terdiam. Kemudian ia berpikir: mengucap “marhaban ya Ramadan” kepada orang yang jauh, kepada yang dekat tak terucapkan! Tidakkah ini sebuah kelalaian: baru kunjung-mengunjungi dan bermaaf-maafan setelah lebaran! Waktu bersempit-sempitan di tengah arena dan gaung takbir salat Id orang tak mau berkenalan dan bersalaman sesama ikhwan. Usai khutbah: bedebu balek! Pertanda apa ini?
Kini, beragam pesan singkat berupa ucapan selamat menyambut Marhaban, eh Ramadan bisa dikirim kepada saudara, handai-tolan lewat SMS. Ada yang berupa pantun, syair maupun kalimat-kalimat puitis. Ternyata pantun dan syair – karya sastra zaman Tok Adam – bisa berjalan seiring dengan kemajuan teknologi, tidak mati tergilas globalisasi! Termasuk “ikan sepat, ikan gabos”-pun bisa masuk HP! Celakanya, karena belum mahir memencet tombol HP, yang dialami Mat Belatong: nak cepat, jadi terapos!
Dari seorang pelukis wanita di Bali, Mat Belatong menerima SMS berbunyi: Ikrar penyelamat adalah “sahadat”, senam paling menyehatkan “salat”, hadiah paling baik “zakat”, diet paling sempurna “puasa”, perjalanan paling indah “haji”, media paling mulia “Al-Quran, lagu paling indah “azan”, mandi paling bersih “wudu”, khayalan paling baik “zikir dan taubat”, doa paling bermanfaat “salawat”, hati paling bersih tanpa “prasangka buruk”, insan terpuji “mutaki”.
Mendapat SMS itu Mat Belatong termenung. Pelukis wanita yang kesehariannya itu seperti tak ambil pusing soal agama – dan biasa dicandainya – kini menasihatinya! Mulia dan berat harapannya kepada Mat Belatong. Ternyata secara diam-diam ia berharap Mat Belatong menjadi seorang muslim yang “kaffah” – totalitas! Ia tak ingin sahabatnya: masok nerake!
Tergagap-gagap Mat Belatong balas menulis: Makkaseh Lia atas petunjok dan siraman ruhaninye. Semoge semuenye itu dapat saye lakukan satu demi satu, tahap demi tahap. Selamat menjalankan ibadah puase, mohon maaf laher-baten, wass wr wb.
Dari sekian banyak SMS karya pujangga dadakan – kalau bukan musiman – yang masuk ke HP Mat Belatong, yang paling mengesankan adalah SMS dari Sultan Sintang. Bunyinya begini: Ass wr wb. Ya Allah muliakanlah Saudaraku ini, bahagiakan keluarganya, berkahi rezekinya & kesehatannya, kuatkan imannya, tinggikan derajatnya, eratkan tali persaudaraan kami & kabulkan doanya. Dalam menyambut bulan suci Ramadan, mohon dibukakan pintu maaf buat kami & keluarga. Amin ya Rabbal alamin. Wassalam Sultan Sintang.
Ketuk juga mendapat SMS yang sama. “Jon,” ucap Ketuk,”Tuanku Sultan mendoekan kite, mintak kepada Allah agar kite beduak dimuliakan, ditinggikan derajat!” Mat Belatong menjawab,”Amin, mudah-mudahan dikabolkan Allah. Sebab selamak ini tak pernah ade pejabat tinggi yang mendoekan kite, malar kite jak diajak khatib nadahkan tangan untok mendoekan para pemimpin dan pembesar.”
Ketuk ngelakak tertawa, kemudian berkata,”Kalau kite beduak dah menjadi orang mulia dan berderajat tinggi, lalu ape kerje kite Jon?” Mat Belatong langsung menjawab,”Tinggal bekipas jak, tesandar di korsi burok!”
Ketuk protes,”Kalau maseh bekipas, maseh dudok di korsi burok, ape gak bedenye dengan sekarang?” Mendengar ucapan Ketuk, Mat Belatong langsung menukas,”Udah Ketuk, Tuanku Sultan bukan bedoe atau mintak kepada gubernur, tapi kepada Allah. Kalau mintak dengan gubernur, boleh awak berharap kipas berganti AC, kursi burok berganti sofa. Mintak kepada Allah tentu laen maknanye. Mane yang awak pileh, bekipas dengan AC, dudok di korsi legislatif, atau mulia dan berderajat tinggi di sisi Allah!?”
Sambil tertunduk dan mengangguk-angguk Ketuk menjawab,”Iyelah kalau begitu. Rasulullah jak tak bekorsi, tak bekipas. Di romah, kalau kepanasan, paling bukak baju.”
Seorang wartawan muda mengirim SMA, eh SMS: Si Hamdan kerje di media massa, Cek Mat kerje di Malaysia, bulan Ramadan telah tiba, selamat menjalankan ibadah puasa.
Mat Belatong tekeruk-keruk tertawa. Sempat-sempatnya ia memasukkan si Hamdan dan Cek Mat yang sudah innalillah itu ke dalam HP-nya. Tapi mungkin Hamdan dan Cek Mat yang lain.
Ade jak ide budak-budak tu mbuat “joke” menyambut Ramadan, pikir Mat Belatong. Namun dari kesemua SMS yang masuk itu – dari yang serius hingga yang lucu, dari yang bagus hingga yang rancu (macam: pantun si Tukul – pen) – Mat Belatong menyimpulkan, bahwa kesemuanya berharap: Mat Belatong puasa, jangan tak puasa! Semuanya berharap ia selamat dalam menjalankan ibadah puasa, bukan mendapat musibah karena puasa. Tak ada yang mengharapkan rumahnya roboh kena gempa ketika berpuasa. ***

(Pontianak, 15 September 2007 ).
Tegur-sapa: Telf (0561) 771770 – HP 085252000995.

Versi cetak muat di Borneo Tribune, Minggu 23 September 2007

No comments: